Canangkan transformasi, calon Kapolri perkenalkan konsep Presisi

Dalam konsep yang disusunnya, terdapat tiga nilai utama yang menjadi fokus transformasi.

Kabareskrim Komjen Listyo Sigit (kiri). Dokumentasi Polri.

Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo mencanangkan konsep transformasi Polri dan arah kebijakan, bila terpilih menjadi orang nomor satu di Korps Bhayangkara. Dalam konsep yang disusunnya, terdapat tiga nilai utama yang menjadi fokus transformasi.

"Dengan tranformasi menuju Polri yang prediktif, responsibilitas, dan transparansi yang berkeadilan, kami perkenalkan sebagai konsep Polri yang Presisi," kata Listyo, saat uji kelayakan dan kepatutan dengan Komisi III DPR RI, yang disiarkan secara virtual, Rabu (20/1).

Listyo berkata, konsep operasional dengan rencana yang nyata dan rasional itu akan menjadi dasar guna mewujudkan harapan masyarakat. "Konsep inilah yang akan mewarnai Polri masa depan," tutur dia.

Konsep transformasi Polri yang Presisi hadir melalui penekanan upaya penegakan pemeriksaan yang prediktif. Dengan begitu, diharapkan dapat membangun kejelasan dari setiap permasalah keamanan dalam menciptakan keteraturan sosial di tengah rakyat.

"Penegakan itu juga akan mentransformasi wajah Polri ke depan, antara lain pada layanan publik yang terintegrasi, modern, mudah, dan cepat. Pemeliharaan Kamtibmas, dan penegakan hukum yang prediktif, bertanggung jawab, transparan, serta menjamin rasa keadilan masyarakat," terangnya.