Cara Tito redam situasi keamanan yang panas di Tembagapura

Mendagri meminta pemda berkomunikasi dengan tokoh-tokoh yang disegani.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (kiri) berbincang dengan sejumlah menteri sebelum mengikuti rapat terbatas (ratas) di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020)/Foto Antara/Hafidz Mubarak.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, mengatakan sudah meminta kepada Pemerintah Daerah Mimika untuk memfasilitasi masyarakat sipil yang mengungsi.

Hal ini diungkapkan Tito terkait memanasnya situasi pascakontak senjata di Tembagapura, Mimika, Papua, yang diduga terjadi antara Kelompok Kriminal Bersenjata dengan aparat kemanan.

"Masyarakat setempat yang ada di situ ketakutan, sehingga mereka minta untuk diamankan di Timika. Langkah berikutnya adalah yang diamankan ini agar difasilitasi oleh Pemda Mimika," ujar Tito di Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Jakarta Pusat, Selasa (10/3).

Akibat peristiwa itu, terjadi gelombang evakuasi warga dari empat kampung di distrik Tembagapura menuju Timika, Papua. Pengungsi diketahui singgah di Mimika terlebih dahulu sebelum nantinya di antar ke Timika.

Di sisi lain, Tito mengatakan, direktur jenderal terkait di Kementerian Dalam Negeri sudah melakukan komunikasi dengan Bupati Mimika Eltinus Omaleng. Selain itu, komunikasi juga dilakukan dengan Polres dan Kodim setempat.