Terkait coronavirus, Indonesia belum keluarkan travel warning

Meski demikian, pemerintah memastikan telah melakukan sejumlah langkah untuk mencegah penyebaran virus tersebut ke tanah air.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko berbicara dalam Focus Group Discussion (FGD) bertema Sinergitas Pembangunan Pipa Gas Bumi Trans Kalimantan Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (3/12/2019).Foto Antara/Jessica Helena Wuysang

Pemerintah Indonesia belum mengeluarkan peringatan perjalanan atau travel warning ke China terkait penyebaran coronavirus. Meski Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan, pemerintah telah melakukan sejumlah langkah untuk mencegah penyebaran virus ini di tanah air.

"Belum, dari kita belum ada," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (24/1).

Dia menjelaskan, sudah ada langkah-langkah preventif yang dilakukan untuk mendeteksi warga Indonesia maupun asing, yang masuk dari China ke wilayah Indonesia. Upaya ini dilakukan dengan memasang alat pendeteksi di pintu-pintu masuk ke tanah air. 

"Kemarin saya sudah tanya sama Menkes apa langkah-langkah kita untuk melakukan preventif, agar jangan sampai nanti kita kecolongan itu. Sudah ada langkah-langkah di pintu-pintu masuk. Yang paling penting preventifnya," kata Moeldoko.

Di lokasi berbeda, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan pihaknya telah menyiapkan sejumlah fasilitas kesehatan untuk mengantisipasi dampak coronavirus.