Covid-19 tak terkendali, IDI beri imbauan pada kepala daerah terpilih

Ketua Tim Mitigasi IDI imbau paslon pilkada hindari upaya pengerahan massa.

Ilustrasi pasien Covid-19/Foto Antara

Ketua Tim Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Adib Khumaidi mengatakan, Pilkada Serentak 2020 berpotensi meningkatkan angka penularan Covid-19. Untuk itu, ia mengimbau agar pasangan calon dan pendukungnya menghindari upaya pengerahan massa.

Adib juga meminta kepala daerah terpilih memprioritaskan penanganan pandemi Covid-19 dengan mengoptimalkan upaya preventif, meningkatkan kemampuan layanan fasilitas kesehatan, dan melindungi para tenaga medis.

“Meski vaksin Covid sudah tersedia, namun untuk perlindungan maksimal maka setiap orang harus tetap menjalankan protokol kesehatan karena situasi penularan Covid di Indonesia saat ini sudah tidak terkendali,” ujar Adib dalam keterangan tertulis, Rabu (16/12).

Dia menambahkan. tingginya lonjakan pasien Covid-19 dan banyaknya tenaga kesehatan yang wafat merupakan peringatan agar tetap waspada. Hingga saat ini sudah 363 tenaga medis yang wafat karena Covid-19.

Adib mengingatkan, pengabaian protokol kesehatan bukan hanya mengorbankan keselamatan diri sendiri, tetapi juga keluarga, orang terdekat, hingga warga setempat.