Dari geladak kapal perang, Siwi Sukma Adji menjadi KSAL

Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dilantik menjadi KSAL untuk menggantikan Laksamana TNI Ade Supandi yang akan pensiun.

Laksamana TNI Siwi Sukma Adji saat menjalani upacara pelantikan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (23/5) / Antara Foto

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji menjadi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL). Siwi menggantikan Laksamana TNI Ade Supandi yang akan purna bakti pada Juni 2018 mendatang.

Pelantikan Siwi dilakukan sesuai Keputusan Presiden Nomor 43/TNI/Tahun 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Laut tertanggal 22 Mei 2018.

Dalam pelantikan yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Jokowi juga menaikkan pangkat Siwi menjadi Laksamana TNI, pangkat tertinggi di matra TNI AL. Kenaikan pangkat Siwi sesuai dengan Keppres Nomor 44/TNI/2018 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira TNI.

Pengangkatan Siwi sebagai KSAL sudah diprediksi sebelumnya, mengingat ia masuk dalam daftar lima calon potensial pengganti Laksamanan TNI Ade Supandi. Selain Siwi, nama lain yang sempat disebut-sebut akan memegang tongkat komando TNI AL adalah Wakil KSAL Laksamana Madya TNI Achmad Taufiqoerrochman, Kepala Staf Umum (KASUM) TNI Laksamana Madya TNI Didit Herdiawan Ashaf, Kepala Badan Keamanan Laut Laksamana Madya TNI Arie Soedewo, dan Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Letnan jenderal TNI (Mar) RM Trusono.

Siwi merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-30 tahun 1985. Sebelum dilantik oleh Presiden, jabatan terakhir Siwi adalah Komandan Jenderal Akademi TNI.