DDII dan MTA laksanakan salat Idul Adha hari ini

DDII beralasan perbedaan waktu Indonesia-Mekkah tidak signifikan untuk dijadikan objek perbedaan.

Umat muslim menunaikan salat Idul Adha di masjid Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) yang berlokasi di Jalan Kramat Raya Jakarta Pusat pada Selasa (21/8)./Antara Foto

Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) yang berlokasi di Masjid Al Fuqran Jalan Kramat Raya Jakarta Pusat melaksanakan Salat Idul Adha 1439 Hijriah pada Selasa (21/8).

Salat dimulai pukul 07.07 WIB yang dipimpin Imam Habullah Fachri dengan khatib Cholil Ridwan dengan dihadiri ratusan orang jamaah. Jamaah yang terlambat mengikuti salat Ied gelombang kedua yang berlokasi di lantai 3 Masjid pada pukul 08.00 WIB.

Sebelum salat, pengurus Masjid DDII membacakan Maklumat DDII tertanggal 14 Agustus 2018 yang ditandatangani Ketua Umum Mohammad Siddik tentang hasil kajian dan ketetapan Majelis Fatwa DDI 2006 mengenai alasan DDII melakukan Salat Idul Adha pada 21 Agustus 2018.

Alasan pertama yaitu, Idul Adha adalah syiar internasional umat Islam tidak bisa dipisahkan dari hari raya haji, yang rangkaian hari-harinya merupakan satu kesatuan.

Kedua, ciri khas hari raya Islam didahului puasa. Jumat didahului puasa Senin dan Kamis, Idul Fitri didahului puasa Ramadan dan Idul Adha puasa Arafah dengan janji pahala, pengampunan, penebusan dan pengabulan doa .