Denny JA: Pintu Pilpres 2024 sudah terbuka

Setahun sebelum jabatan Jokowi berakhir, pemerintahan Jokowi dinilai akan lebih dinamis

Pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA. Foto Antara

Terbentuknya Koalisi Indonesia Bersatu, yang menggabungkan tiga partai: Golkar, PPP dan PAN, itu menjadi penanda, yakni pintu menuju Pilpres 2024 sudah terbuka.

"Ke depan, aneka partai lain akan terpengaruh. Kita akan menyaksikan aneka manuver partai lain, yang tak ingin ketinggalan kereta, juga menyiapkan diri menyongsong Pilpres 2024," papar pengamat politik Denny JA, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (15/5).

Denny menyebut, hal ini semua akan memberi efek bagi pemerintahan Jokowi. Tetapi itu hal yang biasa dalam tradisi demokrasi. 

Setahun sebelum jabatan Jokowi berakhir, pemerintahan Jokowi akan lebih dinamis. Aneka partai dan menterinya mulai juga memberi perhatian untuk Pilpres 2024. Kendati mereka tetap fokus masalah pemerintahan Jokowi, tetapi juga menyelaraskan kepentingan mereka di Pilpres 2024.

Lanjut Denny, LSI sendiri memiliki tradisi. Di mana, dua puluh dua bulan sebelum pemilu presiden, LSI sebagai lembaga survei, konsultan politik, ataupun civil society sudah melakukan konsolidasi.