MPR 'semprot' Dewas TVRI tunjuk bekas kontributor Playboy jadi dirut

Dewas TVRI dianggap tidak mempertimbangkan rekam jejak Iman Brotoseno.

Iman Brotoseno, Direktur Utama (Dirut) TVRI pengganti antarwaktu/Foto Twitter

Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid (HNW) sangat menyayangkan rekam jejak Direktur Utama (Dirut) TVRI yang baru, Iman Brotoseno, lantaran pernah menjadi kontributor majalah dewasa, Playboy Indonesia.

HNW kemudian mengkritik langkah Dewan Pengawas (Dewas) LPP TVRI yang memilih Iman sebagai pengganti antarwaktu lembaga tersebut. Dewas dianggap tidak mempertimbangkan Ketetapan MPR RI mengenai etika kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Dewas tidak mempertimbangkan rekam jejak Iman Brotoseno saat memilihnya sebagai Dirut PAW TVRI karena yang bersangkutan pernah menjadi kontributor majalah dewasa Playboy Indonesia," kata HNW dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (29/1).

Menurutnya, Dewas TVRI seharusnya menjelaskan hal tersebut secara gamblang, bahkan perlu segera merevisi keputusannya karena patut dipertanyakan mengapa rekam jejak komprehensif calon dirut bisa luput dari perhatian dalam pemilihan.

Menurut dia, harus melihat secara komprehensif rekam jejak tersebut karena Dirut TVRI merupakan jabatan publik yang sangat strategis dan dibiayai oleh APBN.