Diperiksa Bareskrim, Ridwan Kamil: Saya minta maaf atas kesalahan

Penyidik Bareskrim cecar Ridwan Kamil seputar kegiatan Maulid Nabi.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil jelang diperiksa Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Jumat (20/11)/Foto Humas Pemprov Jabar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil selesai melakukan klarifikasi ke penyidik Bareskrim Polri ihwal kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW jemaah Habib Rizieq Shihab di Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Ridwan Kamil memberikan klarifikasi selama tujuh jam.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu menuturkan, penyidik memberikan pertanyaan kepadanya seputar aturan penyelenggaraan kegiatan selama pandemi Covid-19.

Kepada penyidik, sambung Kang Emil, disampaikan bahwa di Jawa Barat aturan tersebut berdasarkan kebijakan bupati/wali kota masing-masing karena merupakan daerah otonom.

"Selaku pimpinan, saya meminta maaf atas kesalahan, tapi secara teknis saya jelaskan tidak semua urusan dan tanggung jawab perizinan kegiatan ada di Gubernur," kata Emil di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (20/11).

Emil menjelaskan, perizinan acara tersebut diberikan panitia hanya sebatas penyelenggaraan salat Jumat bersama dan peletakan batu pertama. Pihak TNI melalui Kodam pun telah meminta kepada panitia agar mencegah adanya kerumunan.