Dirut Pertamina: Standar safety kilang Cilacap betul-betul aman

Tim emergency diminta fokus segera menyelesaikan titik kebakaran kilang minyak Pertamina di Cilacap.

Sejumlah petugas kepolisian berjaga di depan lokasi kilang yang terbakar di RU IV Cilacap, Jateng, pada Jumat (11/6/2021). Foto Antara/Idhad Zakaria

Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, menyebut standar safety kilang Cilacap, Jawa Tengah, betul-betul aman. Hal ini disampaikannya terkait peristiwa kebakaran kilang di Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (11/6), pukul 19.45 WIB.

"Standar safety yang diterapkan Kilang Cilacap betul betul aman, tinggal masalah waktu dan bagaimana penanganan agar lebih ofensif dan proses pendinginan terus dilakukan," jelas Nicke dalam keterangan tertulis Pertamina dikutip Minggu (13/6).

Ia melanjutkan, satu titik api berhasil dipadamkan. Namun, sambungnya, muncul satu titik api lagi yang saat ini harus diselesaikan. Untuk itu, Manajemen Subholding Refinery & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) diminta segera mengambil langkah-langkah agar titik api tidak menjalar.

"Kami meminta kepada Tim Emergency untuk fokus segera menyelesaikan titik kebakaran yang masih terjadi dan alhamdulillah tidak ada korban," imbuhnya.

Nicke kemudian menekankan dua hal. Pertama, operasional kilang tak terganggu dan masih berjalan sebagaimana biasa. Kedua, pelayanan, baik untuk masyarakat dan customer, tetap terlaksana dengan baik.