Dokter Reisa dan riuh rendah new normal di jagat maya

Kehadiran dokter Reisa sebagai wajah pemerintah dalam penanganan Covid-19 diapresiasi warganet.

Pemerintah menunjuk dokter Reisa Broto Asmoro sebagai salah satu juru bicara penanganan Covid-19. Ilustrasi Alinea.id/Hadi Tama

Setelah sepekan vakum, Senin (15/6) lalu, dokter Reisa Broto Asmoro akhirnya muncul lagi menyapa para pengikutnya di Instagram. Dalam sebuah video berdurasi 1 menit 37 detik, Reisa mengaku sedang tak bisa ber-Instagram ria lantaran sibuk dengan pekerjaan barunya. 

"Maaf, ya, belum sempat posting apa-apa karena harus fokus dulu nih dengan tanggung jawab baru yang diberikan oleh Tuhan. Terima kasih atas atensi dan dukungan," kata Reisa. 

Reisa kini memang ditugaskan membantu juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto. Pekan lalu, dara berusia 34 tahun itu diperkenalkan ke publik oleh Yurianto di sela-sela rutinitasnya mengumumkan perkembangan terbaru wabah Covid-19 di Indonesia. 

Sebagaimana tugas barunya kini, Reisa juga menyelipkan ajakan hidup sehat di tengah pandemi Covid-19 dalam video tersebut. "Kalau masih ada yang belum patuh dan disiplin, saling tegur dan diingatkan, ya. Jadikan ini gerakan nasional untuk kebaikan bersama," finalis ajang Putri Indonesia itu. 

Menurut juru bicara Presiden Joko Widodo (Jokowi), Fadjroel Rahman, Reisa bakal bertugas untuk mengedukasi masyarakat agar cepat beradaptasi saat menyongsong kebijakan new normal atau kenormalan baru dengan tetap menerapkan protokol-protokol kesehatan.