Dokter RSD Wisma Atlet: Imunitas tercipta dari suasana hati

Pasien Covid-19 yang pikirannya positif lekas sembuh.

Petugas kesehatan memeriksa alat kesehatan di ruang IGD RS Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020)/Foto Antara/Hafidz Mubarak.

Debryna, salah satu relawan tim dokter pertama di Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19, Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, berbagi cerita soal penanganan pasien Covid-19.

Menurutnya, pasien dengan pikiran positif lebih cepat sembuh. Imunitas yang baik, kata dr Debryna, tercipta dari suasana hati.

"Baru kali ini benar-benar melihat, kalau pasien yang pikirannya bisa positif, pasien yang bisa dibawa enjoy, itu beneran cepat banget sembuhnya. Bahkan, gejalanya saja bisa hilang dengan cepat," cerita Debryna yang disiarkan via kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (2/10).

Untuk itu, Debryna berpesan agar para penderita Covid-19 tetap semangat dan menanamkan pikiran positif selama menjalani perawatan.

Dalam bincang yang dipandu Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dr Reisa Broto Asmorome itu, dia juga menyampaikan pesan pada masyarakat yang masih meragukan pandemi Covid-19, agar menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam kesehariannya.