Doni Monardo: 2 pekan terakhir, kasus Covid-19 meningkat

Hal ini berdampak pada keterisian ruang isolasi dari yang semula 32%, saat ini naik menjadi 53%.

Kepala Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo (kanan) saat memberikan keterangan pers Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (27/3) Foto Antara/Nova Wahyudi.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo mengatakan, selama dua minggu terakhir angka kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia mengalami peningkatan. Hal ini berdampak pada keterisian ruang isolasi.

"Semula 32%, saat ini naik menjadi 53%," kata Doni saat konferensi pers secara daring, Minggu (15/11).

Tidak hanya ruang isolasi, menurutnya, peningkatan keterisian juga terjadi di ruang ICU rumah sakit rujukan Jakarta sebanyak 98 rumah sakit, yang saat ini berada di posisi 68%. "Bahkan, pada periode September sempat berada di angka 83%," katanya.

Ia mengatakan, kondisi tersebut harus diatasi sesegera mungkin. Sebab, ruang isolasi dan ICU rumah sakit tidak boleh penuh. Oleh sebab itu, protokol kesehatan tetap menjadi kunci penting dalam penanganan Covid-19. Disiplin dan kesadaran kolektif, ujar dia, menjadi penting diterapkan oleh masyarakat termasuk tidak mengadakan berbagai macam acara di tengah situasi pandemi.

"Sekali lagi, semua aktivitas yang berhubungan timbulnya kerumunan tolong untuk dihindari," katanya.