Doni Monardo yakin terpapar Covid-19 saat lepas masker

Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo duga terpapar saat makan bersama.

Ketua Satgas Covid-19 sekaligus Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencan, Doni Monardo/Foto BNPB.

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo, meyakini dirinya terpapar virus SARS-CoV-2 ketika sedang makan sehingga terpaksa melepas masker. Oleh karena itu, dia menyerukan kepada masyarakat untuk sementara menghindari acara makan bersama guna mencegah penularan.

“Karena saat makan kita pasti lepas masker dan celah penularan terbuka. Sebaiknya saat makan, tidak ada orang lain di sekitar kita untuk mencegah tertular atau menulari. Untuk sementara, makan bisa sendiri atau terpisah dari orang lain, ” tutur Doni dalam siaran pers, Sabtu (23/1).

Dia menuturkan, selama seminggu memimpin langsung penanganan bencana di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan, ada beberapa momen harus melepas masker ketika makan bersama orang lain.

“Jadi saya yakin pada saat melepas masker dan makan itulah saya tertular," ucapnya.

Sejak gempa bumi melanda Sulawesi Barat pada Jumat (15/1), Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) telah berada di lokasi pada sore harinya. Doni berada di lokasi bencana, termasuk ke Banjarmasin yang dilanda banjir bandang, selama seminggu sebelum kembali ke Jakarta, Jumat (22/1).