Dukung wacana Anies, Hanafi Rais hibahkan becak listrik

Rencana pengaktifan kembali becak di Jakarta disambut baik politisi PAN, Hanafi Rais. Dukungan digulirkan dengan penghibahan becah listrik.

Ilustrasi foto becak/ Pixabay

Wacana pengaktifan kembali becak di ibu kota didukung penuh politisi partai besutan Amien Rais ini. Bentuk dukungan diwujudkan dengan penghibahan sejumlah becak bertenaga listrik kepada Pemprov DKI. Sebelumnya di Yogyakarta politisi PAN, Hanafi Rais juga melakukan hal serupa.

Tepatnya pada 2014, Hanafi merilis dua purwarupa becak bertenaga listrik di Taman Siswa, Yogyakarta. Dia mengklaim becak tersebut bisa menempuh perjalanan hingga sejauh 60 kilometer. Dalam pembuatannya, Hanafi menggandeng Kelompok Kerja Mobil Listrik Jogja (Mobilijo), yang kemudian ditawarkan kepada pemerintah setempat.

Tidak hanya menggunakan tenaga listrik atau baterai, becak itu masih bisa digenjot dengan tenaga manusia. Uniknya, ia masih dikemas sesuai bentuk aslinya.

"Karena becak merupakan produk budaya, masing-masing daerah memiliki khas yang berbeda jadi jangan sampai mengubah bentuk dan warnanya," ujar pria kelahiran 10 September 1979 ini.

Becak yang dirilis Hanafi merupakan hasil kreasi dari warga kota gudeg, Winawan dan Wiwin, yang memodifikasi becak model lama.