Kronologi kecelakaan di Tol Cipularang bermula dari dump truk

Truk yang mengangkut pasir tersebut hilang kendali kemudian terbalik.

Petugas mengevakuasi sejumlah kendaraan yang terlibat pada kecelakaan beruntun di Tol Cipularang KM 92 Purwakarta, Jawa Barat, Senin (2/9/2019). Antara Foto

Kecelakaan di Tol Cipulang KM 91 yang terjadi pada Senin (2/9) bermula dari truk yang disebut hilang kendali. Polri menjelaskan kronologi kecelakaan yang terjadi berasal dari truk dengan plat nomor Jakarta. 

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo menjelaskan, truk dengan plat nomor B 9763 UIT dengan membawa muatan tanah mengalami hilang kendali kemudian terbalik. Truk tersebut berada dari arah Bandung menuju Jakarta.

“Kemudian dari arah Bandung menuju arah Jakarta datang kendaraan dump truk B 9410 UIU dan menabrak 18 kendaraan yang berada di lajur lambat dan lajut cepat,” kata Dedi melalui pesan singkat pada Selasa (3/9).

Dedi menyebut kecelakaan beruntun di Tol Cipularang tersebut kerugiannya ditaksir hingga Rp2 miliar. Sementara jumlah korban meninggal mencapai delapan orang, korban luka berat tiga orang dan korban luka ringan mencapai 21 orang.

Saat ini identitas pemilik dari 20 kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan di Tol Cipulang masih terus didata. Kendati demikian polisi telah merampungkan pendataan dari kendaraan apa saja yang terlibat.