Empat tenaga kesehatan di Riau positif Covid-19

Mereka terdiri dari tiga orang dokter dan satu perawat.

Petugas dari Tim Ahli dan Peneliti Universitas Indonesia (UI) menggunakan alat pelindung wajah berteknologi Respirator Pemurni Udara Bertenaga Baterai (RPUBB) di Gedung PAUI, Depok, Jawa Barat, Senin (20/4/2020). Foto Antara/Asprilla Dwi Adha

Empat tenaga kesehatan di Provinsi Riau positif terinfeksi Covid-19. Mereka terdiri dari tiga orang dokter dan satu perawat.

"Sudah ada empat tenaga kesehatan yang positif Covid-19, tiga dari klaster Dumai, satu di Pelalawan," kata juru bicara  Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Riau, Indra Yovi, di Pekanbaru, Riau, Jumat (24/4).

Dia menjelaskan, tenaga medis pertama yang tertular coronavirus di Riau berdomisili di Kabupaten Pelalawan. Ia merupakan seorang dokter yang menjadi pasien corona ke-18 di Riau. Penularan diduga terjadi saat dia menangani pasien, yang tak jujur mengungkapkan riwayat perjalanannya.

Adapun tiga orang lainnya berada di Kota Dumai. Mereka terdiri dari seorang dokter dengan kode pasien nomor 22, dokter lain berusia 37 tahun, dan seorang perawat dengan kode pasien nomor 35.

Pasien nomor 22 merupakan aparatur sipil negara berusia 44 tahun. Pada 13 Maret 2020, ia menghadiri pertemuan tenaga kesehatan teladan di Kota Dumai sepulangnya dari Batam, dan diduga menulari pasien nomor 35.