Enggan terima gaji Menhan, Prabowo disebut hanya ingin mengabdi 

Prabowo ingin menunjukkan sikap patriotik dengan menunjukkan rasa baktinya kepada bangsa dan negara.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membalas hormat Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto usai acara serah terima jabatan di gedung Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (24/10)./ Antara Foto

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berkomitmen untuk tidak menerima gaji selama menduduki jabatannya. Juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, keputusan ini dilatarbelakangi keinginan Prabowo untuk memaknai jabatan publik sebagai pengabdian.

"Betul, beliau ingin memaknai jabatan publik sebagai pengabdian," kata Dahnil saat dihubungi reporter Alinea.id, Rabu (30/10).

Menurutnya, Prabowo ingin menunjukkan sikap patriotik dengan menunjukkan rasa baktinya kepada bangsa dan negara. Prabowo, kata Dahnil, tidak ingin menjadi figur yang memanfaatkan jabatan untuk memperkaya diri sendiri. 

Saya ingin mengkonfirmasikan kpd sobat semua khususnya sobat pewarta terkait dg informasi yg menyatakan Pak @prabowo tdk akan mengambil gajinya sbg Menteri di @Kemhan_RI adl BENAR.Sejak awal beliau masuk politik, berkomitmen untuk mengabdi bagi kepentingan bangsa dan Negara. — Dahnil A Simanjuntak (@Dahnilanzar) October 30, 2019

Selain menolak menerima gaji, Prabowo memilih untuk tidak menggunakan fasilitas negara berupa mobil dinas, saat menjalankan tugasnya sebagai Menteri Pertahanan.