Epidemiolog yakin PPKM bisa kendalikan Covid-19

Pemantauan dan pemodelan tim pandemi FKMUI menunjukkan PPKM Level 4 efektif.

Ilustrasi PPKM level 4. Alinea.id/Bagus Priyo.

Keputusan pemerintah yang memperpanjang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 9 Agustus dinilai tepat. Agar kebijakan ini efektif, masyarakat harus terus disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Ahli epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Iwan Ariawan mengatakan, penurunan kasus Covid-19 sudah terlihat di Jawa-Bali. Berdasarkan indikator PPKM, sebagian besar kabupaten dan kota di Jawa-Bali memang masih di level 4.

Karena itu, menurut dia, keputusan memperpanjang PPKM tepat, karena dengan kebijakan penilaian terhadap daerah menjadi jelas. "Penurunan kasus yang sudah ada menunjukkan PPKM Level 4 yang diberlakukan di sebagian besar kabupaten atau kota di Jawa-Bali menunjukkan ada manfaatnya," kata Iwan, Senin (2/8).

Iwan mengatakan, dengan kategori level 1 sampai 4 sebetulnya PPKM bisa terus berlangsung. Level PPKM bisa turun ke 3, 2 atau 1 bila kasus di satu daerah ada penurunan. Sebaliknya, level bisa naik kembali jika terjadi peningkatan kasus, perawatan di rumah sakit, dan kematian.

"PPKM Level 4 yang sekarang dilakukan di Jawa Bali diperlukan untuk menurunkan fasilitas kesehatan. Jika tidak, fasilitas kesehatan akan kolaps dan kematian, baik karena Covid-19 atau penyakit lain, akan meningkat," ujar Iwan.