Erick Thohir ke KPK, Firli: Beliau paparkan program pemulihan ekonomi

KPK bentuk 15 satuan tugas awasi anggaran penanganan Covid-19.

Ketua KPK Firli Bahuri memberikan sambutan saat Rapat Koordinasi Dan Sinergi Penyelenggaraan Pemerintahan di Provinsi Jawa Timur Tahun 2020, di Surabaya, Kamis (9/1)/Foto Antara.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyebut kunjungan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Rabu (8/7), terkait pemaparan program pemulihan ekonomi nasional menghadapi pandemi Covid-19.

“Beliau memaparkan program pemulihan ekonomi nasional dalam menghadapi kondisi pandemi Covid-19. Terutama program-program yang menjadi tanggung jawab Kementerian BUMN. Setelah presentasi dari Menteri BUMN, KPK melihat program apa saja, regulasinya, mekanismenya, pelaksanaannya, berapa anggarannya, mapping titik rawan penyimpangan," ujar Firli via keterangan tertulis yang diterima Alinea.id, Rabu (8/7).

Sesuai tugas pokok, sambung Firli, KPK melakukan kegiatan pencegahan supaya tidak terjadi korupsi, dan melakukan koordinasi dengan instansi kementerian dan lembaga.

"Melakukan monitoring atas pelaksanaan program pemerintah,” terangnya.

Terkait dengan itu, lanjut dia, KPK dalam pengawasan anggaran penanganan Covid-19 telah membentuk 15 Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan. Rinciannya, satu satgas di Gugus Tugas penanganan Covid-19 di BNPB, lima satgas pusat untuk program pemerintah pusat dan sembilan satgas korwil.