Erick Thohir pantau kesiapan isoter di kapal KM Bukit Raya

Sarana isoter di atas KM Bukit Raya ini disiapkan oleh PT Pelabuhan Indonesia.

Menteri BUMN Erick Thohir saat memantau ketersediaan ivermectin di tiga Apotek Kimia Farma di Jakarta, Senin (05/07/2021). Foto dokumentasi Humas Kementerian BUMN.

Upaya percepatan penanganan Covid-19 membutuhkan kolaborasi solid, baik dari pemerintah dan perusahaan BUMN. Termasuk melakukan inovasi berupa penyediaan fasilitas isolasi mandiri terapung (isoter) di atas kapal laut yang bersandar di pelabuhan.

Hal tersebut ditekankan Menteri BUMN, Erick Thohir saat meninjau kesiapan Kapal Motor (KM) Bukit Raya sebagai sarana isoter bagi pasien Covid-19 Kota Medan di Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara.

Dalam kunjungan tersebut Erick Thohir didampingi Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Wali Kota Medan, Bobby Nasution, dan Direktur Utama Pelindo 1, Prasetyo.

Menurutnya, penyediaan sarana isolasi terapung yang kedua setelah di Makassar ini menunjukkan bahwa pemerintah siap melakukan dan menyediakan segala hal dalam upaya meringankan beban rakyat.

"Terutama bagi pasien Covid-19 dengan gejala ringan dan Orang Tanpa Gejala (OTG) di Kota Medan. Ini langkah inovasi dan bukti kehadiran pemerintah yang bisa dilakukan di daerah lain yang butuh ruang isolasi dalam jumlah besar," kata Erick Thohir, Minggu (22/8).