Wagub DKI: Etnis Tionghoa punya peran besar bangun Jakarta

Riza mengajak milenial pelajari sejarah Tionghoa.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) didampingi Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Ahmad Riza Patria (kanan) memberi salam usai pemilihan di Gedung DPRD DKI Jakarta di Jakarta, Senin (6/4). Foto Antara/Deka Wira S/wpa/wsj.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan etnis Tionghoa memiliki peranan penting terhadap pembangunan ibu kota. Menurutnya, etnis Tionghoa pun punya sejarah kedekatan dengan etnis Betawi di Jakarta.

Hal itu disampaikan Riza dalam dialog kebangsaan dengan tema "Sejarah Peran Tionghoa dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara" yang diselenggarakan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) DKI Jakarta, Selasa (11/8).

"Interaksi antara warga Tionghoa dan masyarakat Betawi sudah berlangsung sejak masih berbentuk Nusantara. Bahkan, dalam sejarah Indonesia tercatat jauh sebelum kapal Portugis datang, para pedagang Tionghoa telah masuk ke tanah Betawi untuk berniaga." kata Riza di Jakarta, Selasa (11/8).

Riza menjelaskan, etnis Tionghoa di Jakarta berperan besar dalam sejarah penciptaan teknologi di bidang pertanian, pertambangan, teknologi kuliner, dan busana yang berdampak positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Riza, pemahaman yang kurang lengkap atau bahkan tidak lengkap terhadap eksistensi etnis Tionghoa di Indonesia menjadikan jarak yang lebar dengan etnis lainnya.