Evaluasi PPKM, Luhut sampaikan kabar baik

Menko Luhut mengapresiasi Kemenkes, pemda, TNI dan Polri dalam menangani Covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam webinar, Rabu (14/07/2021)/Foto tangkapan layar

Penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia terus menunjukkan progress positif. Meski demikian, pemerintah tetap menggencarkan upaya 3T (testing, tracing dan treatment) sebagai salah satu strategi jangka panjang dalam menghadapi penularan virus tersebut.

Pemerintah menyampaikan, target dari upaya testing secara nasional sudah menunjukkan angka yang cukup baik, rata-rata 170 ribu per hari.

“Sekarang yang dites itu rata-rata 170 ribu orang per hari, saya ulangi 170 ribu-an per hari. Jadi angka itu cukup oke walaupun kami targetkan sebenarnya masih lebih dari itu,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, dalam keterangan pers Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Senin (27/9/2021).

Selain itu, Luhut juga menyoroti rendahnya tingkat positivity rate. “Positivity rate sudah di bawah 2%, malah sudah 1%, ini dalam tujuh hari. Jadi kami hitung per tujuh hari, itu angkanya juga membaik,” jelasnya.

Begitu pula upaya tracing yang dilakukan oleh pemerintah terus menunjukkan peningkatan. Sampai saat ini, jelas Luhut, sebanyak 26% kabupaten/kota di Jawa-Bali berada pada tingkat tracing terbatas.