Fasilitas kesehatan di Pulau Galang siap digunakan

Progres pengerjaannya mencapai 78% pada Rabu (25/3).

Foto aerial progres pembangunan rumah sakit khusus Corona (COVID-19) di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (25/3/2020). Progres pembangunan rumah sakit Khusus Corona (COVID-19) secara keseluruhan telah mencapai 78% dan ditargetkan selesai dan siap untuk digunakan akhir bulan Maret 2020. Foto Antara/Bobby/Mnk/aww.

Fasilitas observasi dan isolasi pasien penyakit menular di Pulau Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), siap beroperasi pada akhir Maret 2020. Hingga Rabu (25/3), progres pekerjaan mencapai 78%.

"Kami masih perlu untuk melatih tenaga medis. Agar bisa mengoperasikan hingga efektif. Senin (30/3), bisa dioperasionalkan," ucap Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, saat meninjau lokasi.

Pada tahap I pembangunan, disiapkan 340 tempat tidur untuk observasi dan 20 ruang isolasi intensive care unit (ICU). Ruangan akan dilengkapi oksigen, tekanan negatif, pengatur suhu (AC) standar high efficiency particulate air (HEPA), dan kamar mandi.

Seluruh peralatan dijadwalkan tiba di Batam, hari ini (Kamis, 26/3). Perlengkapan diterbangkan dari Jakarta menggunakan hercules.

"Harapan kami, 340 ruang observasi siap digunakan dan 20 ruangan isolasi semua siap. Termasuk sarana pendukungnya," tuturnya.