Fit & proper test pekan depan, DPR pilih 5 pimpinan KPK

Proses selekasi uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon pimpinan (Capim) KPK akan digelar oleh DPR pada Senin (9/9).

Proses selekasi uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon pimpinan (Capim) KPK akan digelar oleh DPR pada Senin (9/9)./ Antara Foto

Proses selekasi uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan digelar oleh DPR RI awal pekan depan. 

Dari sepuluh Capim yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo, DPR akan menyeleksi menjadi lima pimpinan yang dipilih oleh legislator.

Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani mengatakan proses seleksi uji kelayakan dan kepatutan akan bergulir pada Senin (9/9).

"Kami akan mungkin lakukan proses fit and proper test itu mulai minggu depan. Iya (Senin pekan depan)," kata Arsul, saat ditemui di kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Jakarta Pusat, Kamis (5/9).

Menurutnya, pimpinan KPK jilid V yang ideal itu berasal dari kalangan penegak hukum. Bukan berasal dari kalangan politisi yang hanya sekedar mengobral janji.