Fraksi Demokrat harap Johanis Tanak bekerja bukan atas kepentingan politik

Johanis diminta menjalankan tugasnya sesuai undang-undang, bukan misi politik kelompok tertentu.

Komisi III DPR menetapkan Johanis Tanak sebagai pengganti Lili Pintauli Siregar di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Foto YouTube DPR

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrat Benny Kabur Harman, meminta komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terpilih, Johanis Tanak menjaga independensi. Dia berharap agar Johanis menjalankan tugasnya sesuai undang-undang, bukan misi politik kelompok tertentu.

"Harapan saya untuk pimpinan KPK baru terpilih, pertama jaga independensi. Tidak boleh menjalankan misi politik kelompok atau golongan tertentu," kata Benny di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (28/9).

Selain menjaga independensi, Benny juga berharap agar Johanis menegakkan hukum pemberantasan korupsi secara adil, tidak diskriminatif, dan juga tidak pandang bulu, tebang pilih. 

Selain itu, harus benar-benar menjaga KPK sebagai lembaga yang lebih berani dalam melakukan penindakan terhadap tindak pidana korupsi.

"Keempat harus mampu bekerja sama menjadi leader dalam hal pemberantasan korupsi bersama lembaga penegak hukum lain," ujarnya.