Gempa Cianjur, Kemensos akan buka dapur umum di Jakarta-Bekasi

Masing-masing berlokasi di Taman Makam Pahlawan, Jakarta dan Balai Pangudi Luhur, Bekasi.

Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini, menyampaikan keterangan pers tentang penanganan bencana gempa di Kabupaten Cianjur, Jabar, pada Jumat (25/11/2022). YouTube/Kemensos RI

Kementerian Sosial (Kemensos) bakal smembuka dapur umum di Jakarta dan Bekasi. Ini untuk memudahkan pendistribusian bantuan makanan kepada warga terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (Jabar).

Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini, mengungkapkan, ada dua dapur umum yang akan didirikan. Masing-masing berlokasi di Taman Makam Pahlawan, Jakarta, dan Balai Pangudi Luhur, Bekasi.

"Saya putuskan pada hari ini, kita membuat dapur umum di Jakarta dan Bekasi karena saya khawatir kalau semakin banyak pengungsi di sana, kebutuhan, misalkan, untuk bahan baku, seperti ayam dan telur, itu terbatas," kata Risma dalam keterangan pers di Jakarta, Jumat (25/11).

Disampaikan Risma, dua dapur umum tambahan itu nantinya akan memproduksi makanan berupa lauk-pauk siap makan. Sementara itu, nasi akan dimasak di dapur umum yang berada di Cianjur. Tujuannya, agar nasi yang akan diberikan kepada warga di pengungsian tetap layak konsumsi.

"Karena itu, di sana tetap masak nasi. Namun, lauk-pauk akan kita supply sebagian dari Jakarta dan Bekasi dengan alasan bahwa kita khawatir kebutuhan makanan di sana tidak bisa kita penuhi," ujar dia.