Gempa di Jatim, Jokowi: Segera lakukan upaya tanggap darurat

Presiden menyampaikan, dukacita yang mendalam atas korban meninggal dunia akibat musibah tersebut.

Presiden Joko Widodo saat menyampaikan amanatnya di Rapat Koordinasi Nasional Forum Kerukunan Umat Beragama di Istana Negara, Jakarta, Selasa (3/11/2020)/Foto BPMI-Setpres

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, telah mendapatkan laporan dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengenai terjadinya gempa magnitudo 6,1 yang terjadi di wilayah Jawa Timur (Jatim), pada hari Sabtu (10/04). 

Kemudian, gempa susulan juga terjadi pagi hari ini, Minggu (11/04). Jokowi pun langsung memerintahkan sejumlah jajarannya untuk bertindak cepat melakukan langkah-langkah tanggap darurat. 

Hal tersebut disampaikan dalam keterangan pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (11/04). "Saya telah memerintahkan Kepala BNPB, kepada Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri PUPR, Panglima TNI, dan Kapolri beserta seluruh jajaran aparat terkait lainnya, juga pemprov, pemerintah kota dan kabupaten untuk segera melakukan langkah-langkah tanggap darurat," kata Presiden Jokowi dikutip dari laman setkab.go.id, Minggu (11/4).

"Mencari dan menemukan korban yang tertimpa reruntuhan, dan segera melakukan perawatan kepada korban yang luka-luka dan juga penanganan dampak dari adanya gempa bumi tersebut," lanjut dia.

Presiden juga menyampaikan, dukacita yang mendalam atas korban meninggal dunia akibat musibah tersebut.