Gempa di Mamuju, BNPB minta pemda bentuk Satgas Tanggap Darurat

Tujuannya, untuk melakukan validasi data dampak gempa magnitudo 5,8.

Petugas menghibur warga yang mengungsi di sejumlah titik setelah gempa bumi berkekuatan 5,8 magnitudo di Sulawesi Barat, Kamis (9/6/2022). Foto humas BNPB

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto mengimbau warga yang mengungsi di sejumlah titik setelah gempa bumi berkekuatan 5,8 magnitudo yang mengguncang Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat agar segera kembali ke rumah masing-masing.

"Kami pastikan situasi sudah terkendali. Mohon masyarakat tidak panik, segera kembali ke rumah masing masing. Kalau mereka takut ke rumah, bikin tenda di rumah masing-masing," ujar Suharyanto pada rapat koordinasi percepatan penanganan usai gempa bumi di Kantor Gubernur Sulbar, Kamis (9/6).

Ia menyampaikan tidak satu pun ilmu di dunia ini yang bisa mendeteksi kapan terjadinya gempa.

Namun, Kepala BNPB menyarankan agar pemerintah daerah membentuk Satgas Tanggap Darurat. Tujuannya, untuk melakukan validasi data dampak gempa magnitudo 5,8.

"Ditanggap darurat dilakukan penanganan awal. Informasi awal 17 orang luka. Jangan sampai masih ada yang tidak tertangani, cari betul. Seminggu ini cari betul mana yang luka parah, mana gedung yang rusak. BNPB akan membantu. Pertama masyarakat dan rumah masyarakat. Mohon bupati agar segera mempercepat pendataan dan BNPB membantu segera," kata Suharyanto.