Baby boom Covid-19: Saat kabar gembira berpotensi jadi bencana

Sebanyak 4 juta bayi diprediksi bakal lahir di Indonesia selama dan setelah pandemi Covid-19 berakhir.

Empat juta bayi diprediksi bakal lahir di Indonesia selama dan sesudah pandemi Covid-19 berakhir. Ilustrasi Alinea.id/Dwi Setiawan

Di tengah pandemi Covid-19, kabar mengagetkan mampir ke keluarga kecil Faisal Hadik. Istri Faisal, Afriana, ternyata tengah mengandung anak kedua. Saat diperiksa dokter pada pertengahan Maret lalu, jabang bayi di perut Afriana telah berumur dua pekan. 

"Soalnya kami enggak begitu merencanakan untuk buat anak kedua," ujar Faisal saat berbincang dengan Alinea.id di Semanan, Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (28/5).

Faisal menikahi Afriana lima tahun lalu. Dari hasil pernikahannya, Faisal dan istri telah dikarunai satu anak. Sepakat menunda kehamilan berikutnya, Afriana pun rutin menggunakan kontrasepsi. 

"Untuk menjaga jarak usia anak supaya enggak terlalu dekat. Nanti bisa kerepotan. Ibunya bisa kelelahan ngurus anak," ujar pria yang sehari-hari bekerja sebagai mekanik di sebuah bengkel mobil di Serpong, Tangerang, Banten, itu.

Namun demikian, saat pandemi Covid-19 merebak, menurut Faisal, Afriana mulai mengendorkan pemakaian kontrasepsi. Di sisi lain, karena kian sering berdiam diri di rumah, Faisal dan istrinya pun jadi lebih rutin berhubungan badan.