Survei: Generasi Z-milenial paling khawatirkan isu korupsi dan lingkungan

Semakin tinggi tingkat pendidikannya, semakin khawatir dengan isu perubahan iklim.

Ilustrasi. Pixabay

Korupsi dan kerusakan lingkungan menjadi isu paling dikhawatirkan anak muda dari generasi Z dan milenial. Survei Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia dan Yayasan Indonesia Cerah mendapatkan 64% responden merasa sangat khawatir dengan isu korupsi. Lalu, 21% mengaku agak khawatir, 8% sedikit khawatir, serta 6% sama sekali tidak khawatir.

Sementara itu, 52% responden merasa sangat khawatir dengan isu kerusakan lingkungan. Kemudian, 30% mengaku agak khawatir; 13% sedikit khawatir; serta 4% sama sekali tidak khawatir. Pada urutan ketiga, 43% responden merasa sangat khawatir dengan isu kesehatan. Lalu, 27% mengaku agak khawatir, 18% sedikit khawatir, serta 11% sama sekali tidak khawatir.

Pada urutan keempat, 42% responden merasa sangat khawatir dengan isu polusi. Kemudian, 32% mengaku agak khawatir, 18 sedikit khawatir, serta 7% sama sekali tidak khawatir.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanudin Muhtadi menyebut, survei khusus anak muda isunya bukan semata-mata soal ekonomi.

“Isu kerusakan lingkungan mendapatkan kepedulian, kekhawatiran dari kalangan anak muda, yang sangat besar, dan ini terus terang berbeda, kalau kita bandingkan dengan survei umum. Di survei umum, populasi umum, kebanyakan isu ekonomi yang dijawab, populasi baby boomer,” ucapnya dalam diskusi virtual, Rabu (27/10).