Survei: Generasi Z paling berani beraktivitas di ruang publik saat new normal

Semakin muda, makin berani beraktivitas di tempat umum saat new normal.

Ilustrasi jaga jarak cegah penularan Covid-19/Pixabay.

Hasil survei Lifepal menyebut Generasi Z, yakni kelompok masyarakat dengan rentang usia 15 hingga 25 tahun di Jakarta akan menjadi kelompok usia yang paling berani beraktivitas di tempat publik saat New Normal ketimbang Millennial (lahir 1981-1994), Generasi X (lahir 1965-1980), hingga Baby Boomers (lahir 1946-1964).

Selain menunjukkan adanya penurunan aktivitas masyarakat sebesar 58%, survei tersebut juga menunjukkan beberapa temuan menarik lainnya, yakni semakin muda kelompok usianya, makin berani pula mereka beraktivitas di tempat umum saat New Normal.

Survei dengan metode random sampling terhadap 561 responden dengan rentang usia 15 hingga 74 tahun juga mencatat bahwa, mereka yang semakin tua kelompok usianya, semakin rendah keinginan untuk beraktivitas di berbagai tempat publik dan adanya perbedaan frekuensi aktivitas masyarakat dalam klasifikasi penghasilan dan gender. 

"Para responden adalah warga yang berdomisili di Jakarta dan atau yang beraktivitas rutin di Jakarta. Ini merupakan analisis lanjutan dari analisis pertama pada survei yang sama, yakni New Normal, Aktivitas Turun Sampai 58% Dibanding Sebelum Covid-19 Generasi Z paling tidak ragu untuk sering-sering berbelanja di supermarket dan minimarket," bunyi rilis survei tersebut mengutip lifepal.co.id, Sabtu (11/7).

Aktivitas outdoor dan indoor