Gunung Merapi kembali meletus setinggi 6.000 meter pagi ini

Gunung Merapi kembali meletus dengan ketinggian kolom abu letusan mencapai 6.000 meter pada Jumat pagi ini.

Gunung Merapi yang berada di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta kembali meletus pada Jumat (1/6) pukul 08:20 WIB. / BNPB

Gunung Merapi kembali meletus dengan ketinggian kolom abu letusan mencapai 6.000 meter pada Jumat pagi ini.

Gunung Merapi yang berada di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta kembali meletus pada Jumat (1/6) pukul 08:20 WIB. 

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan tinggi kolom abu letusan teramati 6.000 meter di atas puncak atau sekitar 8.968 meter di atas permukaan laut. 

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), mengatakan kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Letusan ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 77 mm dan durasi 2 menit.

"Letusan hanya sesaat selama 2 menit. Setelahnya tidak nampak adanya letusan. BPPTKG masih terus memantau intensif dan perkembangan aktivitas vulkanik Gunung Merapi," katanya dalam keterangan resmi yang diterima Alinea.id, Jumat (1/6).