Harapan besar Menteri Pertanian pada petani milenial dan lulusan Polbangtan

Mentan ingin agar anak muda memiliki gagasan ide besar untuk menciptakan peluang baru di masa depan.

ilustrasi. foto Pixabay

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memiliki harapan besar pada generasi muda untuk terlibat menjadi petani milenial terutama bagi lulusan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan). Mentan ingin agar anak muda memiliki gagasan ide besar untuk menciptakan peluang baru di masa depan.

“Petani milenial jangan mau kalah dengan petani kolonial. Yang namanya petani milenial itu punya pergaulan dan bergaul dengan orang-orang baik. Yang saya senang, mereka tak mau kalah,” kata Syahrul dalam keterangan resminya, Senin (10/10).

Menurut Syahrul, kreatifitas anak muda dalam memperkuat ketahanan pangan nasional sangat diperlukan di kondisi ancaman krisis pangan dan anomaly iklim. Apalagi Indonesia memiliki tanah subur dan yang bisa ditanami segala jenis tanaman yang dibutuhkan warga dunia.

“Dunia mengharapkan kita, dan pangan Indonesia menjadi sesuatu yang berarti. Karena itu, pertama, mitigasi tantangan. Kedua, adaptasi, dan yang ketiga adalah hadapi tantangan bersama-sama,” jelas Syahrul.

Bagi Syahrul, kehadiran anak muda harus bisa mempertebal harapan rakyat dan memperkuat kesiapan Indonesia dalam menghadapi tantangan global. Syahrul juga berharap agar Indonesia bisa keluar dari zona merah dunia dan cengkeraman krisis lain yang datang bergantian. Karena selama ini telah terbukti bahwa pertanian bisa menjadi bantalan ekonomi, dan juga dibuktikan melalui ketangguhan pertanian saat pandemi Covid-19 menerpa mengakibatkan seluruh sektor menjadi merah, namun pertanian justru tumbuh 16,24%.