Hujan lebat diprediksi guyur wilayah Jabodetabek hari ini

Potensi hujan lebat terjadi lantaran adanya fenomena pergerakan sistem konvektifitas udara.

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan sedang dan lebat akan mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia.  Salah satunya terjadi di wilayah Jabodetabek pada periode 27-29 September 2020.

"Khusus untuk wilayah Jabodetabek konsentrasi hujan intensitas sedang-lebat masih cukup potensial di wilayah Bogor terutama pada siang/sore hari," kata Deputi Bidang Meteorologi Guswanto, dalam keterangan persnya di Jakarta, Senin (28/9).

"Sedangkan untuk wilayah DKI Jakarta untuk hari ini dan besok relatif menurun," ujarnya.

Guswanto menyebut potensi hujan sedang dan lebat ini juga diprediksi bakal terjadi di wilayah-wilayah lain di Indonesia, di antaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Guswanto menjelaskan berdasarkan pantauan yang dilakukannya, bahwa potensi hujan lebat terjadi lantaran adanya fenomena pergerakan sistem konvektifitas udara di atmosfer yang berpropagasi ke arah barat dan timur melewati wilayah Indonesia.