Minta dukungan, IDI: Pandemi Covid-19 akan berlangsung panjang

Birokrasi jadi kendala distribusi APD tenaga medis.

Sejumlah tenaga medis sedang beristirahat dengan fasilitas seadanya/Foto Twitter @eMbahNyutz

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memprediksi pandemi coronavirus disease 2019 atau Covid-19 akan berlangsung lama. Untuk itu IDI masih mebutuhkan dukungan dari berbagai lapisan masyarakat.

"Pandemi Covid-19 diperkirakan masih akan berlangsung dalam jangka waktu yang panjang, untuk itu dukungan dari banyak pihak sangat diperlukan," ujar Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih dalam keterangan tertulisnya diterima di Jakarta, Sabtu (18/4).

Saat ini, lanjut Daeng, tenaga medis terkendala kurangnya Alat Pelindung Diri (APD). Bahkan, distribusi APD dari pemerintah ke rumah sakit terkendala birokrasi dan kebijakan distribusi.

Laporan yang masuk IDI, APD lebih banyak didistribusikan ke sejumlah rumah sakit rujukan pemerintah. Sementara rumah sakit swasta mengalami kesulitan untuk mendapatkan APD.

Oleh karena itu, dia mengapresiasi pihak-pihak yang turut membantu perjuangan para dokter dalam menangani virus Covis-19, seperti yang dilakukan Protelindo melalui kampanye "Ayo Perangi COVID-19".