Indeks literasi digital Indonesia dalam kategori sedang

Perubahan ke era digital terjadi di masa pandemi Covid-19 pada 2020. Di mana pembatasan sosial menyebabkan hubungan fisik jadi terbatas.

Menteri Kominfo Johnny G. Plate. Foto: Kemkominfo

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Katadata Insight Center menemukan, Indonesia berada dalam kategori "sedang" untuk Indeks Literasi Digital Nasional Indonesia. Berdasarkan hasil survei itu, kampanye Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) di Indonesia dengan Kemenkominfo pun digalakan.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, survei itu menunjukan pada 2021, kategori “sedang” berada di angka 3.49 dari 5,00. Kini empat pilar utama literasi digital, yaitu kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital menjadi acuan yang dapat digunakan untuk meningkatkan nilai tersebut.

“Kemenkominfo menyiapkan program-program pelatihan digital pada tiga level, yaitu Digital Leadership Academy yang merupakan program sekolah vokasi dan pelatihan yang diikuti oleh 200-300 orang per tahun bekerja sama dengan delapan universitas ternama di dunia," katanya dalam keterangan, Minggu (5/3).

Selain membangun infrastruktur digital, pusat-pusat data, dan telekomunikasi di seluruh Indonesia. Kemenkominfo juga secara langsung mengadakan sekolah vokasi untuk menghasilkan tenaga kerja yang bertalenta digital.

"Digital Talent Scholarship sebagai program beasiswa bagi anak muda yang ingin meningkatkan kemampuan dan bakat digital. Dan yang terakhir Workshop Literasi Digital yang dapat diikuti secara gratis bagi seluruh masyarakat di Indonesia,” ujar Johnny.