Survei Indikator: Kepuasan publik terhadap Jokowi tembus 78,5%, tertinggi sejak 2014

Menteri Investasi menyebut angka tersebut tertinggi dibandingkan pemimpin negara lain di dunia.

Survei Indikator periode April 2023 menyebutkan kepuasan publik terhadap Presiden Jokowi menembus 78,5%. YouTube/Sekretariat Presiden

Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) atau approval rating mencapai 78,5% pada periode April 2023. Angka ini, sebagaimana hasil survei Indikator Politik Indonesia, disebut tertinggi sepanjang pemerintahannya sejak 2014.

"Selama Indikator melakukan survei kepuasan publik, ini [approval rating] Jokowi menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, dalam paparannya secara daring, Minggu (30/4).

Berdasarkan data Indikator, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Jokowi pada Januari 2015 sebesar 61,7%. Itu merupakan riset perdana yang dilakukan Indikator sejak politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini berkuasa.

Menurut Burhanuddin, tingginya approval rating tak lepas dari kemampuan Jokowi dan para jajarannya dalam mengendalikan inflasi. Katanya, inflasi merupakan tolok ukur tertinggi masyarakat dalam menentukan tingkat kepuasan.

Dicontohkannya dengan stabilnya harga dan distribusi harga-harga bahan pokok jelang hingga saat Lebaran 2023. "Tidak ada lonjakan yang berarti," ucapnya.