Indonesia berupaya temukan vaksin Covid-19

Penelitian terhadap vaksin tersebut dilakukan di bawah koordinasi BRIN dan Kementerian Kesehatan dengan melibatkan BUMN.

Perawat mengenakan pakaian APD (Alat Pelindung Diri) baju hazmat (Hazardous Material) membawa pasien dalam pengawasan COVID-19 (Corona Virus Desease) menuju kamar isolasi khusus RSUD dr Iskak, Tulungagung, Jawa Timur, Jumat (13/3).Foto Antara/Destyan Sujarwoko/pd.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, pemerintah sedang mengembangkan penelitian untuk menemukan vaksin Covid-19 lewat kerja sama antara Kementerian Kesehatan, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan beberapa BUMN terkait.

"Sudah mulai dilakukan pembicaraan karena ini kan memang sebuah ancaman, setiap ada ancaman kita berusaha terus kalau bisa memproduksi vaksin sendiri. Oleh karena itu kita sedang mengembangkan risetnya," kata dia dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (19/3).

Penelitian terhadap vaksin tersebut dilakukan di bawah koordinasi BRIN dan Kementerian Kesehatan dengan melibatkan BUMN serta kementerian dan lembaga pemerintah non-kementerian yang berkaitan dalam penelitian tersebut.

"Tentu koordinasinya di bawah BRIN, bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, bersama dengan lembaga-lembaga terkait yaitu BUMN yang punya perusahaan farmasi," tambahnya.

Untuk menciptakan vaksin memerlukan waktu yang tidak singkat. Selama menunggu hasil penelitian tersebut, kata dia, pemerintah tetap memberlakukan protokol kesehatan sesuai anjuran WHO.