KSP: Indonesia bisa belajar dari 3 negara terapkan normal baru

Brasil, Kosta Rika, dan Korea Selatan bisa jadi contoh Indonesia terapkan new normal.

Petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan DKI Jakarta bersiap menyemprotkan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (3/6)/Foto Antara/Nova Wahyudi.

Sejumlah negara telah melonggarkan karantina atau pembatasan untuk menuju kenormalan baru (new normal). Adaptasi itu tidak mudah, termasuk bagi Indonesia yang hari-hari ini mulai melonggarkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang ada di sejumlah daerah.

Untuk menuju tahapan kenormalan baru, Deputi V Kantor Staf Presiden Jaleswari Pramodhawardani menjelaskan, Indonesia bisa belajar dari pengalaman tiga negara. Tiga negara ini memilih menerapkan kehidupan normal baru dari pandemi Covid-19 dengan berbagai kondisi dan latar belakang.

"Terkait arah atau kebijakan normal baru, semua negara saat ini sedang sama-sama belajar. Namun, saya akan mengambil contoh praktik tiga negara, yaitu Brasil, Kosta Rika dan Korea Selatan," kata Jaleswari dalam diskusi daring di Jakarta, Kamis (4/6).

Brasil, kata Dani, panggilan Pramodhawardani, mulai menerapkan kenormalan baru meski angka yang terinfeksi Covid-19 sedang melonjak tajam. Bahkan saat itu menjadi kedua tertinggi di dunia.

Kebijakan itu diambil, kata Dani, tak lepas dari berbagai konflik politik pada elite tingkat pusat serta antara pusat dan daerah di negara itu. Konflik sudah terjadi sejak sebelum pandemi Covid-19.