Survei Indostrategic: 77% warga Jakarta puas kinerja Anies-Ariza

Penilaian positif ini berpeluang menjadi bekal Anies dalam beragam kontestasi politik ke depan.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kiri), bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. Foto Antara/Deka Wira S.

Masyarakat DKI Jakarta dinilai puas dengan kinerja mantan Gubernur dan Wakil Gubernur Anies Baswedan-Ahmad Riza Patria (Ariza) dengan persentase 77%. Sementara itu, hanya 16,2% yang kurang dan tidak puas serta 6% responden lainnya tidak menjawab.

Tingkat kepuasan itu, ungkap Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs (Indostrategic), Ahmad Khoirul Umam, semakin tinggi ketika masyarakat ditanya berdasarkan jenis program unggulan yang ada.

"Mulai dari penyelenggaraan Formula E (58,2%), pembangunan RPTRA (87,7%), pembangunan Jakarta International Stadium atau JIS (81,1%), transportasi umum terintegrasi (JakLingko) sebesar 85%, revitalisasi Taman Ismail Marzuki atau TIM (78,8%), naturalisasi sungai (67,1%), kartu kesejahteraan (81,1%)," tuturnya dalam keterangannya, Senin (14/11).

Khoirul menambahkan, masyarakat yang puas terhadap kinerja Anies-Ariza tersebut merupakan pendukung partai-partai politik (parpol) nasional di ibu kota. Terbanyak berasal dari Gerindra dengan 87,2%, disusul NasDem 83,6%, Golkar 81,7%, dan Demokrat 80,3%.

"Bahkan, banyak juga pendukung PDIP juga ternyata mayoritas merasa puas (59,1%) terhadap kinerja pemerintahan Anies-Ariza di Pemprov (Pemerintah Provinsi) DKI Jakarta," katanya.