Ini dia 2 perusahaan calon tersangka ASABRI

Perusahaan milik tersangka Heru Hidayat dan Benny Tjokro bakal jadi tersangka korporasi kasus ASABRI.

Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta/Google Maps Melia Cholilah

Kejaksaan Agung (Kejagung) telah mengantongi setidaknya dua calon tersangka korporasi dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia atau PT Asabri.

Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejagung Febrie Adriansyah menjelaskan, dugaan awal keterlibatan korporasi untuk 'membobol' ASABRI akan diajukan dalam evaluasi bersama Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Ali Mukartono.

Evaluasi itu rencananya akan dilakukan pekan ini.Dibeberkan Febrie, dalam evaluasi itu penyidik akan mengajukan dua perusahaan milik tersangka Heru Hidayat dan tersangka Benny Tjokro untuk ditetapkan sebagai tersangka korporasi.

Perusahaan itu diketahui memang telah terlibat sebagai wadah penampungan hasil korupsi sejak kasus Jiwasraya."Belum disita, tapi itu (PT Trada Alam Minera dan PT Hanson Internasional) akan diajukan tersangka korporasi," ucapnya kepada Alinea, Senin (12/6).

Menurut Febrie, pihaknya akan menjelaskan peran tiap korporasi itu ketika sudah dievaluasi. Febrie pernah menyebut, dalam penyidikan kasus ASABRI jilid II akan lebih menelisik tindak pidana pencucian uang (TPPU).