Ini faktor hijaunya rapor 2 tahun Jokowi-Ma'ruf di bidang hankam

Survei SMRC dalam rangka menyambut dua tahun pemerintahan Jokowi-Ma'ruf, kinerja bidang hankam mendapat rapor hijau.

ilustrasi. Twitter

Pengamat militer Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), Khairul Fahmi, memaklumi jika masyarakat puas dengan kinerja dua tahun pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin di bidang pertahanan dan keamanan (hankam). 

Respons publik itu terekam dalam survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dipublikasikan Selasa (19/10).

Menurutnya, positifnya capaian itu tidak lepas dari kinerja Kementerian Pertahanan (Kemhan) di bawah komando Prabowo Subianto yang kian banyak menyelesaikan persoalan-persoalan hankam. Dengan demikian, periode kedua Jokowi dinilai lebih serius daripada sebelumnya.

"Misalnya (sekarang fokus membenahi) terkait modernisasi alutsista (alat utama sistem persenjataan). Kita bicara juga tentang bagaimana menyempurnakan sistem keamanan semesta dengan direalisasikannya komponen cadangan (komcad)," ucapnya saat dihubungi di Jakarta, Rabu (20/10).

"Kemudian yang juga mulai diseriusi adalah soal bagaimana membangun basis-basis cadangan logistik strategis (CLS)," sambungnya. Kemhan kini sedang membangun CLS melalui Program Lumbung Pangan (Food Estate) di Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan membudidayakan singkong dan targetnya 30.000 ha pada 2020-2021.