Inilah menteri berkinerja terbaik menurut survei Political Weather Station

Hampir semua responden mengaku pemilih Partai Gerindra pada Pemilu 2019 juga menyebut nama Prabowo sebagai menteri yang berkinerja baik.

Pelantikan menteri dan wakil menteri (wamen) sisa masa jabatan periode tahun 2019 – 2024, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Sumber: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden.

Lembaga riset Political Weather Station (PWS) menyebutkan, ada 10 menteri atau pejabat setingkat menteri di pemerintahan Jokowi Jilid II yang dinilai publik memiliki kinerja yang baik.

Di antaranya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko.

Sepuluh menteri dan pejabat menteri dengan kinerja cukup baik tersebut merupakan kesimpulan dari hasil survei nasional PWS yang dilakukan pada 13 hingga 23 Januari 2022 di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

"Ketika kepada responden ditanyakan, siapakah yang kinerjanya paling baik dari sejumlah menteri dan pejabat setingkat menteri dalam Kabinet Jokowi Jilid II, sebanyak 15,1% responden menyebut nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto" kata Direktur Riset PWS, Mohammad Tidzi AM, dalam telekonferensi, Jumat (4/2).

Berikutnya sebanyak 14,5% menyebut nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, 13,5% menyebut nama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, kemudian 11,1% menyebut nama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Setelah itu nama Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Sosial Tri Risma Harini masing-masing dipilih oleh 7,8% responden.