Pengelola hotel di Pandeglang beri diskon bagi yang hendak isolasi mandiri

Sebelum masuk hotel, tamu yang akan menjalin isolasi mandiri akan diperiksa terlebih dahulu oleh tim medis puskesmas setempat.

Salah satu villa dan hotel di Carita, Pandeglang, Banten. Foto Antara/Rangga Eka Putra/Nursera Nopitasari/Ardi Irawan.

Guna mengantisipasi dampak akibat pandemik coronavirus atau Covid-19 di sektor pariwisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang telah meminta perhotelan dan tempat penginapan di pantai untuk menyediakan ruang isolasi mandiri, untuk tamu yang ingin melakukan isolasi mandiri.

"Kami sudah rapat dengan pelaku usaha, agar ada tindaklanjut nantinya hotel dan penginapan mereka memiliki penampung isolasi (mandiri)," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang Asmani Raneyanti, saat dikonfirnasi, Rabu (29/4).

Karantina di perhotelan itu diproyeksikan untuk para pemudik yang baru pulang dari tempat perantauan dan ingin melakukan isolasi secara mandiri. Untuk diketahui, seluruh pemudik di Kabupaten Pandeglang masuk dalam data orang dalam pemantauan (ODP).

Ia juga sudah mengingatkan kepada pemilik hotel untuk membatasi tamu yang melakukan isolasi mandiri. Mereka hanya boleh beraktivitas di dalam kamar dengan memanfaatkan layanan. Meniadakan aktivitas atau menutup fasilitas layanan yang dapat menciptakan kerumunan orang dalam area hotel.

Sebelum masuk hotel, tamu yang akan menjalin isolasi mandiri akan diperiksa terlebih dahulu oleh tim medis puskesmas setempat.