Izin umrah untuk Indonesia jadi modal positif untuk pelaksanaan haji

Ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi untuk ibadah umrah, khususnya protokol kesehatan.

Ilustrasi. Pixabay

Pemerintah Arab Saudi telah membuka pintu bagi jemaah umrah asal Indonesia. Izin umrah untuk Indonesia itu menjadi modal positif untuk pelaksanaan ibadah haji ke depannya.

"Kalau umrah bisa berjalan baik, tidak banyak insiden, terkendali, protokolnya bagus, disiplin, ini jadi modal yang baik yang bisa kita bawa untuk mendapatkan izin dari pemerintah Saudi dalam melaksanakan ibadah haji," ujar Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian (Kemenag) Hilman Latief kepada wartawan, Minggu (10/10).

Dia pun berharap pelaksanaan umrah nantinya bisa berjalan lancar. Dia pun mengajak agar sama-sama berusaha dan mendoakan pelaksanaan umrah itu berjalan lancar.

"Informasinya adalah pintu umrah baru akan dibuka dan ada penyesuaian-penyesuaian prosedur protokol yang berlaku. Kenapa? Karena ini umrah di masa pandemi," ujarnya.

Dia mengatakan ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi, khususnya protokol kesehatan. "Jadi sebetulnya umrahnya terbuka, tapi protokolnya memenuhinya bagaimana. Kira-kira itu poin pentingnya," tuturnya.