Dilantik jadi Mendag, harta kekayaan Zulkifli Hasan capai Rp32,8 miliar

Zulkifli Hasan resmi menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, setelah pelantikan menteri dan wakil menteri baru Kabinet Indonesia Maju, Istana Jakarta, 15 Juni 2022. Foto tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik sejumlah menteri dan wakil menteri (wamen) Rabu (15/6) siang ini. Salah satunya adalah Zulkifli Hasan yang merupakan Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi.

Menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) periode 2021, pria yang akrab disapa Zulhas ini memiliki total harta kekayaan Rp32,8 miliar. Hartanya terdiri dari tanah dan bangunan, transportasi, harta bergerak lainnya, surat berharga, serta kas dan setara kas.

Aspek tanah dan bangunan, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini memiliki harta senilai Rp12,9 miliar. Terdiri dari delapan bidang tanah di Jakarta Timur dan sebidang tanah di Bogor.

Sementara untuk aspek transportasi, Zulhas memiliki dua mobil dengan total nilai mencapai Rp1,1 miliar. Kedua mobil ini merupakan Toyota Alphard keluaran 2009 dan 2019.

Harta bergerak lainnya senilai Rp 1,5 miliar, surat berharga senilai Rp4,99 miliar, kas dan setara kas senilai Rp12,2 miliar. Namun, ia tidak memiliki nilai pada poin harta lainnya serta utang.