Jaga kesehatan kita, jaga pula kesehatan orang tua kita

Pneumonia sendiri merupakan merupakan salah satu dari 10 penyebab kematian teratas di Indonesia.

ilustrasi. Pexels.com

Seorang anak yang telah tumbuh dewasa tentu menginginkan untuk dapat menjalani hari-hari bahagia yang panjang bersama orang tua. Namun, seiring bertambahnya usia, daya tahan tubuh manusia pun mengalami penurunan. Hal ini mengakibatkan orang tua yang sudah memasuki usia lanjut menjadi semakin rentan terhadap penyakit yang mengancam jiwa, salah satunya adalah pneumonia.

Pneumonia sendiri merupakan merupakan salah satu dari 10 penyebab kematian teratas di Indonesia. Menurut informasi dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, sekitar 1,4 juta orang di seluruh dunia tercatat meninggal akibat pneumonia setiap tahunnya. Pneumonia umumnya lebih rentan menyerang lansia berusia 50 tahun ke atas, dan lansia yang mengidap pneumonia juga lebih rentan mengalami komplikasi lebih lanjut seperti abses paru-paru dan keracunan darah (sepsis).

Dalam peringatan Hari Keluarga Nasional yang jatuh setiap tanggal 29 Juni, Indonesia Ramah Lansia dengan dukungan dari Pfizer, berupaya menjawab pertanyaan tersebut melalui acara diskusi publik bersama para pakar. 

Dokter spesialis paru dan pernapasan RS Pondok Indah Amira Anwar dan konselor keluarga Ida Rochmawati, yang hadir dalam acara diskusi publik tersebut membagikan tiga peran penting anak dalam menjaga kesehatan orang tua sebagai berikut:

Menjaga pola hidup sehat bagi orang tua