Kala Jakarta kewalahan tangani Covid-19, bagaimana daerah lain?

Jakarta juga tercatat menjadi salah satu dari lima provinsi wilayah transmisi lokal penularan.

Petugas medis menggunakan alat pelindung diri (APD) di dalam Gedung Pinere, RSUP Persahabatan, Jakarta, Rabu (4/3).Foto Antara/Hafidz Mubarak A/ama.

Ibu Kota Jakarta menjadi jawara kasus positif coronavirus atau Covid-19. Kemarin, jumlah pasien positif mencapai 589 orang. Sementara hari ini (28/3) menjadi 627 kasus. Bertambah 38 kasus dari sehari sebelumnya. Selain itu, hingga hari ini, 62 kasus dinyatakan meninggal dan 43 orang sembuh.

Jakarta juga tercatat menjadi salah satu dari lima provinsi wilayah transmisi lokal penularan. Empat provinsi lain adalah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Transmisi lokal merujuk pada penularan Covid-19 antara orang per orang di suatu wilayah.

Menimbang perkembangan kasus yang demikian cepat, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah meracik skenario penanganan. Termasuk mempersiapkan skenario terburuk apabila Covid-19 tak bisa ditekan.

"Gubernur Anies Baswedan menyampaikan bahwa DKI Jakarta telah menyiapkan skenario jika kasus Covid-19 semakin meningkat," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti, pada Selasa (24/3).

Skenario yang telah disiapkan Pemprov DKI, mulai dengan penanggulangan ketika kasus Covid-19 berjumlah 500, 1.000, bahkan sampai dengan 8.000 orang terkonfirmasi positif corona.