Jakhumfest 2023, Dompet Dhuafa luncurkan program Mobile Podcast

Pada tahap awal, Mobile Podcast akan beroperasi di wilayah Jabodetabek.

Egm PT Pos Indonesia (Persero), Hasan Jaidi Tarigan (kiri), dan Sekretaris Yayasan Dompet Dhuafa Republika, Yayat Supriyatna, di depan mobil Podcast Mobile, Jakarta, pada Minggu (29/1/2023). Alinea.id/Erlinda PW 

Dompet Dhuafa kembali mengadakan Jakarta Humanity Festival (Jakhumfest) yang ketiga kalinya pada tahun ini. Perhelatan kemanusiaan ini mengusung dua isu sebagai program utama, Indonesia Mendengar dan pemulihan Cianjur.

Jakhumfest 2023 resmi dibuka dan berlangsung di Pos Bloc, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Minggu (29/1). Dalam kegiatan tersebut, Dompet Dhuafa turut mengenalkan program komunikasi terbarunya, Mobile Podcast Bertamasya: Bercerita Program Pemberdayaan Masyarakat, yang merupakan mobil modifikasi menyerupai studio siniar (podcast).

Sekretaris Yayasan Dompet Dhuafa Republika, Yayat Supriyatna, menyampaikan, Mobile Podcast merupakan upaya mensyiarkan kebaikan melalui obrolan-obrolan menarik yang digandrungi milenial dan generasi Z (gen Z). Konsep ini ditujukan untuk mengabarkan kepada donatur dan masyarakat tentang peristiwa maupun bencana sosial kemanusiaan secara waktu nyata (real time).

"Tujuannya, agar kita semua bisa merespons kejadian tersebut dengan cepat dan tepat. Jadi, nanti kalau ada bencana alam, kalau ada respons, bertemu dengan siapa, itu kita yang mendatangi subjeknya, bukan kita undang ke studio kita," katanya usai membuka Jakhumfest 2023.

Inovasi studio siniar ini diharapkan bermanfaat, terutama dalam membangun komunikasi antara Dompet Dhuafa dengan stakeholder dan masyarakat.